Abstraksi
R Gejolak margin perdagangan dan pengangkutan
komoditas strategis di Sumatra Selatan tidak setajam gejolak nasional.
R Di Sumatra Selatan, alur distribusi perdagangan komoditas terpanjang terjadi
untuk beras, yaitu 7 (tujuh) rantai perdagangan. Terpendek dialami bawang merah
(2 rantai perdagangan): yaitu sebagian pedagang
pengepul (pengumpul) menjual 11,67% bawang merahnya langsung ke konsumen akhir (sebagian besar rumahtangga).
R Distributor beras di Sumatra Selatan menjual
51,97 persen berasnya ke Agen, 36,64 persen ke Pedagang Pengepul, 9,99 persen
ke Grosir, dan 1,40 persen langsung ke
Rumahtangga.
R Agen Bawang Merah SumSel menjual 40,62 persen bawang merahnya ke
Pedagang Eceran, 31,25 persen ke konsumen akhir, dan 28,13 persen ke grosir.
R Agen Cabe Merah SumSel menjual 60 persen cabe
merahnya ke Pedagang Eceran, 32,07 persen ke kegiatan usaha lain, dan langsung
ke rumahtangga 7,93 persen.
R Agen (juga bertindak
sebagai Pengepul dan Grosir) Jagung Pipilan SumSel menjual 53,73 persen
jagungnya ke kegiatan usaha lain, 18,89
persen ke Pedagang Eceran, 15,35 persen ke Industri Pengolahan, dan 12,03
persen langsung ke Rumahtangga.